Social Network Analysis Di Media Sosial

 Haii semua kali ini kita akan membahas mengenai Social Network Analysis Di Media Sosial, yuk simak lebih lanjut. 

Social Network Analisis (SNA) adalah salah satu metode analisis dalam sebuah penelitian yang sering digunakan dalam mengukur sebuah hubungan dan menggambarkan beberapa informasi individu. SNA juga dapat digunakan dalam menganalisis jaringan hubungan interaksi pada media sosial. Dan untuk melihat interaksi terhadap pengguna yang dilambangkan dengan titik (nodes) dan interaksi antar pengguna yang dilambangkan dengan garis (edges) maka dari itu diperlukan analisis untuk melihat pola interaksi sosial tersebut. 

Intent Taksonomi merupakan pendekatan untuk lebih memahami penggunaan yang beragam dan mengatur maksud terkait untuk tindakan netizen di media sosial. Analisis Intent Taksonomi mempertimbangkan representasi spekytrum untuk penggunaan OSN dengan efek positif hingga negatif. 

Intent Taksonomi di kelompokan kedalam lima bagian: 

  1. Niat untuk penggunaan kebaikan sosial
  2. Niat untuk penggunaan sosial yang buruk
  3. Niat untuk penggunaan jelek sosial 
  4. Niat untuk kegunaan sosial campur baik dan buruk
  5. Niat untuk penggunaan sosial campuran yang buruk dan jelek 
Dan berdasarkan analisis pada jaringan yang sudah di buat dengan keywords "black panther wakanda forever 2" dalam media sosial Twitter pada bagian Degree Centrality adapun akun yang memiliki nilai tinggi yaitu @mcu_direct dengan menampilkan isi tweet dibawah ini 

    

Tweet tersebut termasuk ke dalam Intent Taksonomi dengan pengelompokan niat untuk penggunaan kebaikan sosial yang dimana tweet tersebut berisi sebuah pertanyaan dan pernyataan mengenai project teratas Marvel Cinematic University di tahun 2022. 

Kemudian dalam Intent Taksonomi ada Twitter Conversation Classification yaitu enam tipologi struktur jaringan dasar yang dapat digunakan untuk membedakan berbagai aliran informasi di dalam Twitter. Yaitu:
  • Broadcast Community dengan contoh akun-akun media massa.
  • Support Community dengan contoh akun costumer service, dimana tempat orang komplain.
  • Polarized Community dengan contoh percakapan, tanpa terpusat pada 1 aktor.
  • Unified Community dengan contoh ada beberapa kelompok saling terhubung.
  • Fragmanted dengan contoh kerapatan rendah, dan banyak aktor terisolasi.
  • Clustered dengan contoh kerapatan rendah, sedikit terisolasi. 
Dan berdasarkan tweet yang oleh @mcu_direct termasuk kedalam polarized community karena memiliki banyak percakapan tanpa terpusat pada 1 aktor. 







Komentar