Haii semua kali ini kita akan membahas mengenai Social Network Analysis Di Media Sosial, yuk simak lebih lanjut.
Social Network Analisis (SNA) adalah salah satu metode analisis dalam sebuah penelitian yang sering digunakan dalam mengukur sebuah hubungan dan menggambarkan beberapa informasi individu. SNA juga dapat digunakan dalam menganalisis jaringan hubungan interaksi pada media sosial. Dan untuk melihat interaksi terhadap pengguna yang dilambangkan dengan titik (nodes) dan interaksi antar pengguna yang dilambangkan dengan garis (edges) maka dari itu diperlukan analisis untuk melihat pola interaksi sosial tersebut.
Intent Taksonomi merupakan pendekatan untuk lebih memahami penggunaan yang beragam dan mengatur maksud terkait untuk tindakan netizen di media sosial. Analisis Intent Taksonomi mempertimbangkan representasi spekytrum untuk penggunaan OSN dengan efek positif hingga negatif.
Intent Taksonomi di kelompokan kedalam lima bagian:
- Niat untuk penggunaan kebaikan sosial
- Niat untuk penggunaan sosial yang buruk
- Niat untuk penggunaan jelek sosial
- Niat untuk kegunaan sosial campur baik dan buruk
- Niat untuk penggunaan sosial campuran yang buruk dan jelek
- Broadcast Community dengan contoh akun-akun media massa.
- Support Community dengan contoh akun costumer service, dimana tempat orang komplain.
- Polarized Community dengan contoh percakapan, tanpa terpusat pada 1 aktor.
- Unified Community dengan contoh ada beberapa kelompok saling terhubung.
- Fragmanted dengan contoh kerapatan rendah, dan banyak aktor terisolasi.
- Clustered dengan contoh kerapatan rendah, sedikit terisolasi.
Komentar
Posting Komentar